26 Desember 2010

Sekolahku Surgaku

     
    Teman-teman, untuk kali ini tema kita adalah "sekolahku surgaku". Pernah gak sih ketika di sekolah atau di kampus kamu ngerasa BeeeeeTeeeeee banget? atau ketika gurumu menjelaskan kamu males mau mendengarkannya, kamu ngobrol sama temen kamu, sambil sms-an atau tindakan yang paling extrem lagi kamu keluar kelas, atau jangan-jangan dari rumah pamit sama bonyok (bokap-nyokap) mau sekolah/kampus eh..tau-tau nyangkut di rumah temen (emang layang-layang pake nyangkut hehe), di mall atau ditempat biasanya kamu nongkrong? pernah ga sih seperti itu? 
     Banyak yang menganggap sekolah/kampus itu tempat yang membosankan. Banyak temen kita yang ga semangat ketika sekolah, sehingga prestasinya menurun. Ada juga di antara temen kita yang selalu juara tapi seolah-olah tak mendapat apa-apa. Lagi disekolah mikirin rumah, lagi belajar matematika mikirin cewek, lagi ulangan mikirin tar malem mau jalan kemana, annnneh kita ini? sering gitu ga? ngaku aja deh...hehe
     Sebenernya kita sekolah mencari apa sih? ke kampus nyari apa sih? pernah nanya gitu ga sama diri kamu? Dari sekian banyak jawaban pasti kamu katakan ya...nyari ilmu lah! nah..bagi orang-orang yang berfikir, ia akan tah siapakah sebenarnya yang ia cari ketika berangkat ke sekolah. Coba kamu baca pesan Al-Quran Surah Ali Imran (3) ayat 190-191 berikut: 
 
"sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal, yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "ya Tuhan kami, tiadalah engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka"

Sekarang baca dengan nama Tuhanmu, iqra' bismirabbik..
     Siapakah yang Maha Berilmu itu? Allah. Siapakah Al 'Alim itu? Allah. Lalu siapakah yang kamu cari ketika pergi ke sekolah/kampus? Allah. lalu sudah berapa lama kamu malas sekolah, kamu malas belajar, bahkan kamu malas mendengarkan pelajaran dari gurumu? kamu berangkat sekolah hanya terpaksa karna disuruh orangtua. Kamu kesal ketika gurumu memberikan tugas padamu. Ketika kamu malas sekolah, sebenarnya kamu menjauh dari siapa? sudah berapa lama kamu malas sekolah?
     Bukankah kamu bahagia ketika mendapat ilmu? Mengapa kamu merasa bahagia ketika mendapat ilmu? kamu bahagia ketika mendapat ilmu karena sedang mendekat kepada Allah Al-'Alim yang Maha Berilmu.
     Teman sekolah/kampus itu bisa menjadi surga kerena kamu dapat menciptakan surga disekolahmu. Ketika kamu menciptakan kasih sayang di sekolah, kamu sedang dekat dengan Allah yang Rahman dan Rahim. Ketika belajar kamu sedang mendekat kepada Allah Ya 'Alim. Dan ketika kamu belajar matematika, kamu sedang mendekatkan diri kepada Al-Hasib yang Maha Berhitung.
     Teman, jadikan jalanan menjadi sajadahmu, buku dan pulpen sebagai tasbihmu. Sekarang bayangkan sepanjang hidupmu, lebih banyak mendekat kepada Allah atau menjauh dari Allah? Sudah berapa lama kamu malas belajar, bersekolah, dan enggan mendengarkan penjelasan guru-gurumu ketika mengajar? Sudah berapa lama kamu mengabaikan Al-'Alim yang Maha Berilmu dan mengabaikan Al-Rasyid yang Maha Cerdas? mulai saat ini, jangan lagi kamu malas sekolah karena Allah Al-'Alim itu memberikan ilmu kepadamu melalui guru-gurumu.


N/B     : tulisan ini dibuat disela-sela penulisan skripsi bab 2 akhir. doain ya biar selesai.
Sumber: Ridwan Mukri, ESQ kurma: kisah untuk remaja (Bandung:Dar Mizan,2007)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri Komentar Yang Membangun